Thursday 16 July 2009

Kurangi Kantong Plastik

Saya yakin teman-teman sudah tahu bahwa plastik adalah salah satu sampah yang sangat sulit diuraikan, karena dibutuhkan waktu sekitar 500 tahun agar dapat terdekomposisi dengan
sempurna. Menurut informasi yang saya dapatkan, sekitar 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik digunakan penduduk dunia dalam satu tahun. Ini berarti ada sekitar 1 juta kantong plastik per menit. Untuk membuatnya, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta pohon ditebang. Saya tergolong salah satu orang yang senang sekali jajan, Indomaret, Alfamart,
Super indo merupakan tempat favorit saya. Jujur saja, saya sendiri baru tiga bulan terakhir ini mulai mengurangi pemakaian plastik. Pada saat saya ingin membayar belanjaan saya di kasir,
tidak jarang saya menolak untuk memasukkan belanjaan saya ke dalam kantong plastik, biasanya langsung saya konsumsi atau saya masukan ke dalam tas (jika saya membawa tas) atau masukan kedalam bagasi motor saya. Awalnya saya melakukan ini, karena saya risih sekali jika ada kantong plastik di genggaman saya, apalagi sampai menumpuk di rumah saya. Tapi lama kelamaan saya berpikir yang saya lakukan ini secara tidak langsung juga berguna untuk menjaga dan merawat bumi, karena plastik merupakan salah satu dari penyebab pemanasan global. Terus terang, awalnya memang susah tetapi saya mau komit.
Memang saat ini pemakaian plastik tidak bisa luput dari kehidupan kita, tapi paling
tidak kita bisa mengurangi intensitas pemakaiannya. Saya sendiri pun saat ini masih mengkonsumsi plastik dan tidak jarang juga saya menjadikannya sebagai sampah, tapi marilah saya dan teman-teman sekalian bersama-sama mengambil tekad dan berkomitmen untuk mengurangi pemakaian plastik demi masa depan kita semua. Kita tidak usah malu, atau takut
menerima ejekan dari sekitar kita selama kita berbuat demi kebaikan bersama. Jadi,
kenapa tidak? Bukankah menjaga dan merawat bumi merupakan salah satu tanda
ucapan syukur kita pada Tuhan?

No comments:

Post a Comment